Pages

Friday, September 4, 2015

Bukit Bendera : Merupakan Bukit Sejarah Yang Dimulai Pada Zaman Perang PRRI ( kecek Urang awak. Parang Peri-Peri )Dari Atas Bukit Bendera Terlihat Jelas Seluruh Nagari Bayang.. Jadi Bukit Ini Di jadikan Untuk meninjau Para Penjajah Yang Masuk ke Daerah Bayang... Diatas Bukit Bendera Di Komandoi Oleh Tentara Pleton. Asal Usul Nama bukit bendera adalah tempat untuk melihat para penjajah (Belanda) masuk, apabila  penjajah  masuk ke daerah Bayang maka bendera ini turun sebagai kode bahwa ada musuh, dan apabila penjajah tidak ada maka bendera akan kembali berkibar. 
Bukit Bendera berada di daerah Lubuk Pasing Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Prop. Sumbar. Bukit Bendera memiliki tinggi 400 mdpl, puncak Bukit Bendera menyediakan tempat nyaman yang memungkinkan pengunjung untuk berteduh dari terik matahari. 
Pada tahun 1980 bukit ini dilestarikan oleh Karang Taruna Prima Lubuk Pasing, namun usaha Karang Taruna tersebut terhenti pada tahun 1990, dikarenakan banyak pemuda yang sudah menikah dan sibuk mengurusi rumah tangga mereka. 
Pada tahun 2015 Bukit Bendera aktif kembali, yang dikelola oleh Pemuda Karang Taruna Prima Lubuk Pasing. dan Sekarang menjadi wisata nagari bagi kampung Lubuk Pasing. Setiap Hari Bukit Bendera dikunjungi oleh beberapa warga. Rata-rata pengunjung setiap hari mampu mencapai 500 sampai dengan 1000 orang. 
Dari puncak, para pengunjung bisa melihat pemandangan menakjubkan ke bawah seluruh nagari bahkan daerah luar kecamatan bayang. Dipuncak Bukit Bendera Terdapat taman Karamuntiang yang dapat dicicipi oleh para pengunjung, dan pondok bergaya tua tempat istirahat pengunjung. 
Anhar Budiman selaku Ketua Karang Taruna Prima Lubuk Pasing mengungkapkan bahwa Wisata Bukit Bendera ini akan dijadikan aset Nagari,  Beliau juga menambahkan bahwa bukit Bendera ini akan dilestarikan dengan adanya program penghijauan, taman dan kemudian berbagai macam permainan seperti jembatan gantung, flying fox dan lain sebagainya.
Penasaran dengan Bukit Bendera ayo berkunjung ke Wisata Bukit Bendera atau lihat video di bawah ini:

2 comments:

  1. Salam kenal min, bukannya ketinggian Bukit Bendera 200 mpdl. Kemaren ane ke kesana,katanya tingginya segitu.

    ReplyDelete
  2. Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (biasa disingkat dengan PRRI) merupakan salah satu gerakan pertentangan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat (Jakarta) yang dideklarasikan pada tanggal 15 Februari 1958 dengan keluarnya ultimatum dari Dewan Perjuangan yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad Husein di Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Sumber:Wikipedia.

    ReplyDelete

Bukit Bendera